Ilmu Komunikasi? Apa itu?




Yak, kali ini aku bakal bahas tentang jurusanku yaitu Ilmu Komunikasi. So, apa sih ilmu Komunikasi itu? Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tata cara kita dalam berkomunikasi dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Disini juga mempelajari bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang-orang secara efektif dan efisien. Cabangnya pun beraneka ragam, yaitu :
  • Public Relation (PR)
    Biasanya PR bertugas mewakili suatu perusahaan dalam setiap waktu untuk menjaga nama baik perusahaan dan mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan. Mereka akan menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat supaya perusahaan yang dikelolanya memiliki reputasi yang baik. Biasanya sering juga disebut sebagai Humas.
  • Advertising
    Advertising merupakan salah satu cabang dari Ilmu Komunikasi yang biasanya bertugas untuk mempengaruhi orang-orang supaya tertarik pada produk yang diiklankan melalui pesan dan media secara unik dan kreatif. Untuk bentuk ketertarikan terhadap sesuatu, biasanya mereka akan mempercayainya atau membelinya. Disini lah bentuk dari advertising ini. 
  • Jurnalistik
    Untuk jurnalistik, biasanya mereka akan memberikan informasi yang dikemas secara menarik dan sebaik mungkin utuk disebarkan kepada seluruh masyarakat luas. Jurnalistik pun bermacam-macam mulai dari announcer, news anchor, reporter, dan wartawan media massa baik di televisi, koran, maupun internet. Buat yang suka dunia Broadcasting, cocok banget nih buat kamu.
  • Marketing Communications
    Dan yang terakhir ada marketing communications, disini biasanya berhubungan dengan pemasaran. Salah satunya yaitu bagaimana kita menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, lalu bagaimana pesannya dan apa medianya serta ingin seperti apa tujuan yang diharapkan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kera Ngalam Wajib Itreng Boso Walikan

Kenalan yuk sama UMM!